Kamis, 06 Juni 2013

Cara Mudah Edit Template Blogger (Blogspot) Dengan Menggunakan Blogger HTML Editor Terbaru

Cara Mudah Edit Template Blogger (Blogspot) Dengan Menggunakan Blogger HTML Editor Terbaru. Awalnya, pada saat saya ingin melakukan beberapa perubahan pada template blog ini, saya kaget dikarenakan semua tampilan edit HTML pada blogger yang biasa tampil pada popup window, ternyata sudah berubah total termasuk pada tampilan tag-tag yang kini menggunakan syntax highlighter, sehingga pencarian saya untuk mencari jenis kode, tag, maupun jenis script menjadi sangat mudah karena sudah terkelompokkan dengan rapi.

tampilan template editor blogger terbaru 2013

Berikut beberapa perubahan yang terjadi pada HTML editor blogger :
  1. Yang sebelumnya tampilan editor berupa pop up, sekarang sudah menjadi satu dengan layout setting template editor.
  2. Semua bagian yang biasanya tapil secara keseluruhan dalam bentuk kode HTML kini menjadi sekelompok widget yang tersusun rapi.
  3. Semua tag yang sebelumya berada dalam widget kini ditampilkan secara keseluruhan sehingga kita tidak perlu "lupa" mencentang pilihan "expand widgets template". Untuk melihat tag secara keseluruhan dalam setiap widget kita tinggal mengklik tanda "►" yang ada pada sebelah kiri.
  4. Bila ingin melihat hasil editan template, fitur review sudah tidak ditampilkan secara terpisah melainkan menjadi satu dengan template HTML editor.
  5. Ada tambahan fitur baru berupa "format template" fitur "default" yang fungsinya untuk mengembalikan susunan template kita pada keadaan sebelum di edit. Jadi lebih aman dalam mengedit template.
Disamping banyak kemudahan yang kita dapatkan dengan adanya perubahan HTML template editor pada blogger, beberapa kesulitan juga saya alami ketika ingin mengedit beberapa kode yang ada pada template blog ini, salah satunya bila kita ingin merubah warna template. Sebelumnya kita tinggal menggunakan fitur "CTRL+F" bila ingin mencari kode yang ingin kita inginkan, kode apapun itu asalkan masih berada dalam susunan kode template kita. Namun saat ini "CTRL+F" sudah tidak bisa berfungsi sepenuhnya walaupun masih bisa digunakan dalam kasus tertentu.

Kesimpulannya, bagi yang terbiasa menggunakan HTML template editor blogger  yang lama mungkin agak kesulitan dalam mengedit template menggunakan editor template blogger yang baru. Setidaknya diperlukan waktu untuk menyesuaikan agar cara menggunakan Blogger HTML Editor Terbaru menjadi lebih mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar