Kamis, 06 Juni 2013

Cara Install Driver Hardware jika CD Driver hilang atau rusak.


Apa jadinya jika CD Driver motherboard milik kita hilang, rusak, atau bahkan patah. Mungkin saja hal tersebut bisa membuat kita panik, karena tidak ada CD cadangan. Oleh karena itu, saya akan bebagi tips dan trik kepada anda tentang Cara Install Driver Hardware jika CD Driver hilang atau rusak.

Ketika kita membeli komputer PC atau laptop, pasti kita diberi (mendapat) sekeping CD Driver motherboard. CD tersebut digunakan untuk instalasi driver hardware-hardware pada komputer PC atau laptop kita. Tapi bagaimana jika cd-nya tidak ada, mungkin hilang, rusak atau karena sebab lain.

Saya berbagi tips dan trik Cara Install Driver Hardware ini karena saya sendiri pernah mengalami hal yang serupa. Ketika saya selesai menginstal ulang komputer, saya lupa menyimpan cd driver komputer saya di mana. Akibatnya, beberapa komponen hardware komputer saya tidak dapat bekerja karena belum terinstal drivernya. Saya coba mendownload driver masing-masing hardware, lalu saya mengalami kesulitan mencari driver yang pas dan cocok untuk hardware komputer saya, dan akhirnya saya menemukan suatu cara untuk mengatasinya, saya coba dan berhasil.

Dan cara ini saya kembangkan untuk saya sampaikan kepada anda melalui tips dan trik ini mengenai Cara Install Driver Hardware jika CD Driver hilang atau rusak yang bisa anda coba.

Biasanya saat selesai menginstal komputer atau laptop, semua pengaturan sistem kembali seperti semula dan driver-driver hardware seperti driver sound, grafik (VGA), atau LAN Card yang sebelumnya sudah terinstal akan hilang. Dan untuk menjalankan fungsi hardware tersebut, kita harus menginstal masing-masing driver hardware tersebut dengan CD Driver komputer atau laptop kita. Jika tidak, komponen-komponen komputer yang belum terinstal drivernya tidak dapat berfungsi.

Oleh karena itu saya akan memberikan trik dan tips untuk mengatasinya. Salah satu solusinya adalah dengan mendownload driver hardwarenya. Memang sangat sulit untuk mendapatkan driver yang pas dan cocok. Tetapi anda bisa mencoba dengan cara saya dibawah ini.

1. Pertama kita harus terlebih dahulu mengetahuui spesifikasi atau tipe hardware yang akan diinstal drivernya. Ada banyak cara untuk mengetahuinya sperti dengan sofware atau dengan cara melihat langsung hardwarenya. Coba pakai trik saya dengan cara:

- klik Start > All Program > Accessories > System Tools > buka System Information
akan muncul jendela System Information.
- klik tanda [+] pada Components > klik Problem Devices
- jika ada driver yang belum terinstal akan ada datanya, jika sudah terinstal semua maka akan kosong.
 
 
 - pada kolom driver yang bermasalah, lihat kode 4 digit di depan VEN dan dan kode di depan DEV. Ingat angka tersebut, jika perlu tulis dan simpan.

2. Masuk ke alamat www.pcidatabase.com

- setelah itu masukan kode depan VEN tadi ke kolom Vendor Search dan kode depan DEV ke kolom Device Search.
- setelah di search, situs tersebut akan menampilkan nama pabrikan produsen hardware tersebut juga menampilkan alamat situs resminya dan alamat driver hardware tersebut.

3. Masuk ke situs resminya dan cari nama driver yang ditampilkan pcidatabasetadi, setelah ketemu download drivernya. Atau boleh juga masuk ke link drivernya langsung jika linknya di tampilkan pcidatabse lalu download.

4. Setelah di download, instal driver tersebut di komputer atau laptop kita. Sesudah diinstal, lihat kembali problem device di System Information. Jika drivernya pas dan cocok, maka data drivernya akan hilang di problem device yang menandakan driver sudah terinstal dengan benar dan hardware dapat berfungsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar