Kamis, 06 Juni 2013

Cara Software Password Manager Menghindari Akun di Hack

Cara menggunakan software password manager/management keePass Professsional atau sejenisnya untuk menghindari akun di hack, atau anda biasa dengar kalimat seperti ini Fbku kena hack? atau aku lupa pasword emailku? Sayang rasanya kalo software software password manager/management hanya jadi info semata (lihat disini), kali ini kami coba untuk menuliskan bagaimana cara penggunaanya software password manager/management untuk melindungi info pribadi anda saat berselancar ria dan agar lebih mengenal dan lebih tahu manfaatnya. namun sebelumnya ada baiknya anda mendownload software KeePass pro di halaman ini (klik). 

1.Apa itu software password manager/management : software password manager/management adalah software atau aplikasi yang digunakan untuk menyimpan password dan data penting.Contoh : Saat anda menggunakan akun ebangking (internet bangking), anda memiliki akun paypal atau anda sering belanja online dengan menggunakan kartu kredit.
2. manfaat dari software password manager/management berikut beberapa manfaat dari menggunakan software password manager/management ini (KeePass)
2a. Menjaga informasi rahasia anda dari oranglain dan mata-mata di browser ataupun script berbahaya yang ada pada website -website yang anda kunjungi.
2b. Mencegah kealpaan (biar ndak lupa).
2c. Meningkatkan keamanan password (dengan mengunakan password generator kemungkinan password anda untuk diketahui lebih kecil).
2d. Memudahkan anda.



Seperti apa kemudahan yang ditawarkan oleh software password manager/management ini: silahkan lihat gambar untuk jelasnya (contoh sederhana saat anda menggunakan jejaring sosial seperti facebook).


1. Install KeePass 2
2. Buka Aplikasi KeePass 2 start -> all program -> keepass2
3. Masukkan password master agar dapat mengakses database Keepass 2
4. Buat akun baru dengan nama facebook atau anda punya nama lain silahkan gunakan
5. isikan nama username (biasanya username adalah alamat email anda)
6. Untuk password KeePass2 akan membuatkannya buat anda (password anda sudah tersedia)
7. Jika tidak puas dengan hasil random password pada keepass2 anda bisa sesuaikan dengan menggunakan karakter pilihan dari password generator .

Cara Penggunaan dan keamanan yang ditawarkan KeePass 2 
1. Klik kanan pada akun yang sudah anda buat akan muncul menu a. Copy username -> kemudian paste/tempel pada username pada halaman login facebook.
2. Klik kanan kembali pada akun yang sudah anda buat akan muncul menu b. Copy password -> kemudian paste/tempel pada username pada halaman login facebook.
*Note : Perhatikan pada bagian bawah Keepas 2 (proses penyimpanan password hanya berlangsung selama 10detik,
kemudian akan hilang dari cache, cookies,history pada komputer atau browser anda).



Sekarang anda tak perlu khawatir lagi akun anda akan di hack atau dibobol orang, oh ya untuk mengingatkan saja usahakan master password Keepass2 hanya anda saja yang mengetahui, untuk yang mobile/sering jalan2 KeePass2 juga punya apps gratis untuk hp/tablet android, ipad, windows mobile, dan juga blackberry. info lengkap nya silahkan menuju website KeePass2 disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar