Kamis, 06 Juni 2013

Cara Install Windows 8 Pro Edition


Tutorial Install Windows 8 Pro - Perusahaan piranti lunak terbesar, Microsoft mengeluarkan sistem operasi terbarunya, yaitu Windows 8. Sistem operasi versi Windows 8 ini telah diperbaharui dari versi sebelumnya Windows 7. Microsoft mengatakan lebih dari 100.000 perubahan telah dilakukan sejak Windows 8 Developer Preview diluncurkan. Desain terbarunya dikhususkan pada fitur grafiknya yang menarik dan juga agar mampu digunakan oleh peralatan layar setuh sepeti smartphone dan teblet sentuh.

Mungkin anda ingin mencobanya untuk dipasang dikomputer atau laptop anda. Saya akan memberikan tutorial instalasi Cara Install Windows 8 Pro Edition. Silahkan ikuti petunjuk dan langkah-langkahnya dibawah ini.

Sebelum melakukan instalasi, terlebih dahulu anda sudah mempersiapkan DVD instalasi Windows 8 Pro Edition tersebut. Jika sudah lakukan cara-cara dibawah ini.

1. Setting BIOS di komputer atau laptop anda dengan saat komputer pertama dinyalakan tekan-tekan terus tombol Delete atau F1, atau F2 atau juga Esc agar masuk ke menu BIOS Set Up. Itu karena Setiap komputer ada yang berbeda cara masuk pengaturan BIOSnya. Setelah masuk ke menu, atur Boot Priority dengan DVD-Drive menjadi urutan pertamanya. Cari oleh ada dimana menu Boot Priority-nya berada karena setiap merk BIOS letak dan tampilan menunya berbeda-beda. Setelah selesai Save & Quit dari BIOS Set Up dan komputer akan merestart.

2. Pastikan sebelum komputer merestart anda sudah memasukan DVD Windows 8 kedalam DVD Drivenya. Setelah restart akan muncul tulisan Press any key to boot from CD or DVD... dan tekan sembarang tombol di keyboard.
3. Akan muncul layar hitam dengan gambar jendela khas Windows 8, jika padaWindows 7 ini adalah tahap load file setup. Tunggu beberapa saat.
4. Setelah itu kita akan dihadapkan dengan pengaturan bahasa, waktu, dan input keyboard. Setelah di setting lalu klik Next.
5. Kemudian klik tombol Install now untuk menginstal windows 8
6. Pada langkah ini kita harus memasukan Produc Key untuk windows 8. Silahkan pilih salah satu dibawah ini :
[ XKY4K-2NRWR-8F6P2-448RF-CRYQH ]
[ TK8TP-9JN6P-7X7WW-RFFTV-B7QPF ]
[ NG4HW-VH26C-733KW-K6F98-J8CK4 ]
Lalu klik Next
 7. Centang tulisan I accept the license terms untuk menerima persetujuan dan  klik Next 
9. Kita akan diberi pilihan tipe instalasi antara Upgrade dan Custom. Lalu pilih yang Custom: Install Windows only (advanced) 
10. Selanjutnya adalah tahap pembuatan partisi harddisk. Karena HDD belum terpartisi maka pilih Drive Options untuk memilih pengaturan partisi.
11. Klik New untuk membuat partisi.
13. Tentukan size atau ukuran partisinya, lalu Apply
14. Kemudian akan muncul pesan peringatan seperti dibawah ini, klik Ok
15. Pembuatan partisi telah selesai. Jika anda membuat lebih dari satu partisi, klik partisi yang akan dijadikan sistem lalu klik Next. Saya sarankan untuk memilih partisi primary yang paling atas karena biasanya itu partisi (C:) dari local disk.
16. Setelah klik Next, proses instalasi setup dimulai. Tahap ini memakan waktu cukup lama tetapi tunggulah sampai proses ke-5nya selesai.
17. Setelah proses diatas selesai, komputer akan merestart secara otomatis. Lalu sistem Windows 8 akan mengkonfigurasi hardware yang terpasang di komputer.
18. Selanjutnya menentukan pilihan warna background windows 8 yang kita inginkan dan nama untuk komputer kita, jika sudah klik Next
19. Pada Express Setting pilih Use Express Setting untuk memakai setting yang disarankan sistem, tetapi pilih Customize untuk menyesuaikan setting menurut anda. Lebih baik pilih Use Express Setting.
20. Tentukan nama untuk user komputer anda lalu klik Finish
21. Tunggu beberapa saat hingga windows menyelesaikan perubahan setting.
22. Lalu kita akan di beri tutorial singkat tentang cara mengakses menu bar. Tinggal dilihat saja.
23. Tahap ini adalah proses install aplikasi bawaan Windows 8 yang akan dipasang.
24. Jika sudah selesai semua maka Windows 8 berhasil diinstall di komputer anda dan akan tampil Start Screen seperti dibawah ini.

Selesai sudah Cara Install Windows 8 Pro yang semoga bisa berguna untuk anda. Untuk masuk ke dekstop, klik kotak Dekstop yang biasanya ada di sebelah pojok kiri bawah atau bisa juga menekan tombol Windows + D pada keyboard.
Itulah tutorial lengkap tentang Cara Install Windows 8 Pro yang bisa anda coba dan praktekan sendiri. Jika ada masalah atau pertanyaan silahkan sampaikan melalui komentar dibawah ini.

Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar